10 Daftar Destinasi Wisata di Bali yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Berencana untuk berlibur ke Pulau Dewata Bali tapi masih bingung harus mengunjungi destinasi wisata yang mana? Bila iya, yuk simak daftar tempat wisata berikut ini yang tak hanya indah namun juga bisa menjadi rekomendasi bagi anda.

 

  1. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Nusa Dua. Karena karakteristik dari ombak di pantai ini cenderung tenang, membuat Tanjung Benoa menjadi pusat kegiatan olahraga dan wahana permainan air di Bali.

 

Beberapa permainan populer yang bisa anda coba adalah banana boat, snorkeling, dan sea walk. Selain itu, bila berkunjung ke sini, anda juga bisa menyewa perahu atau glass bottom boat untuk melihat penyu dan satwa lain yang ada di pulau penyu.

 

  1. Gunung dan Danau Batur Kintamani

Berkat pesona yang dimilikinya, maka tak heran bila Danau Batur yang berada di daerah Kintamani ini menjadi salah satu danau tercantik di Pulau Bali. Tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, Danau Batur Kintamani juga menjadi tempat favorit bagi banyak turis mancanegara.

 

Selain itu, karena terletak di gunung tertinggi ke 2 setelah Gunung Agung, destinasi wisata alam yang satu ini juga mempunyai hawa sejuk yang sangat menyenangkan. Sehingga anda tentunya tak akan kecewa bila mengajak keluarga ataupun orang-orang terdekat untuk menghabiskan waktu di Danau Batur Kintamani.

 

  1. Tari Kecak Uluwatu

Bila berkunjung ke Bali, jangan lewatkan juga untuk menyaksikan pertunjukan Tari Kecak. Selain menarik untuk dilihat, Tari Kecak juga merupakan salah satu tarian khas Bali yang amat terkenal.

 

Dan bagi anda yang tertarik untuk melihat pementasan seni yang satu ini, salah satu tempat terbaik untuk menikmati tari kecak adalah di Uluwatu. Karena pementasan tari kecak yang ada di sana diselenggarakan dengan latar belakang matahari sore yang sangat indah. Selain itu, karena tari kecak Uluwatu memang sangat populer, anda sebaiknya memesan tiketnya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tempat duduk.

 

  1. Arum Jeram di Sungai Telaga Waja

Arum jeram yang ada di Sungai Telaga Waja bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang hobi melakukan aktivitas seru dan menantang. Berhubung tempat ini memang memiliki medan yang sanggup menguji adrenalin. Selain itu, bila berminat datang ke sini, anda juga akan memperoleh satu bonus tambahan berupa trekking mendaki gunung.

 

  1. Arum Jeram di Sungai Ayung

Arum jeram di tempat wisata ini menawarkan sensasi yang berbeda bila dibandingkan dengan arum jeram yang ada di Telaga Waja. Bila aktivitas arum jeram di Telaga Waja mampu memberikan sensasi yang menantang, maka Arum Jeram Sungai Ayung menawarkan panorama alam yang sangat indah.

 

Di sepanjang sungainya, anda akan melihat pemandangan alam yang begitu memesona disertai adanya pahatan tebing-tebing berbatu yang menambah keelokan dari Arum Jeram Sungai Ayung.

 

  1. Museum Pasifika

Selain wisata berbau alam dan pantai, Bali juga mempunyai deretan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Pasifika yang berlokasi di salah satu kawasan elite Nusa Dua, atau lebih tepatnya di daerah BTDC Blok P.

 

Bila kebetulan anda bermalam di penginapan yang masih dalam lingkup Nusa Dua, anda bisa mencapai lokasi hanya beberapa menit dengan berjalan kaki. Namun bila anda datang dari Bandara Ngurah Rai, anda memerlukan waktu perjalanan setidaknya 15 sampai 20 menit untuk bisa sampai Museum Pasifika.

 

Dulunya destinasi wisata bernuansa edukasi ini belum tergolong ke dalam katergori museum. Barulah setelah diresmikan pada tahun 2006 tempat ini benar-benar menjadi museum yang menampilkan berbagai karya seni dari kawasan Asia Pasifik. Contohnya saja karya seni yang dibuat oleh seniman kenamaan tanah air Affandi dan Nyoman Gunarsa.

 

Museum Pasifika sendiri buka dari jam 10.00 sampai 18.00 WITA. Jadi bila ingin berkunjung, anda bisa datang pada waktu-waktu tersebut. Sementara untuk tiket masuknya, turis lokal dikenai tarif sebesar 50 ribu, sedangkan untuk turis mancanegara 75 ribu.

 

  1. Museum Bali

Museum yang terletak di Kota Denpasar ini berdiri di sebuah bangunan tua dan berada persis di samping Pura Agung Jagat Natha. Bila datang dari bandara, anda langsung saja menuju ke pusat kota dengan estimasi perjalanan tak kurang dari 45 menit. Dan karena lokasi dari Museum Bali terkenal akan aktivitas jalannya yang lumayan padat, berkendara dengan menggunakan roda dua merupakan alternatif terbaik.

 

Museum Bali sendiri hanya beroperasi pada hari minggu sampai kamis dari jam 08.00-15.00 WITA. Sementara untuk hari jumat museum buka pukul 08.00 sampai dengan 12.30 WITA. Dan untuk hari sabtu serta tanggal merah tempat wisata ini tidak beroperasi.

 

Di dalam Museum Bali anda juga bisa menjumpai berbagai barang yang berasal dari zaman prasejarah. Ada pula perlengkapan sembahyang dan alat-alat untuk melaksananan acara adat serta upacara keagamaan.

 

  1. Museum Puri Lukisan

Bila Museum Bali merupakan museum sejarah, maka Museum Puri Lukisan merupakan museum yang khusus menampilkan berbagai karya seni. Mulai dari lukisan bernuansa Bali tradisional dan modern, sampai kerajinan ukiran yang terbuat dari kayu. Bagi anda para pecinta hal-hal yang berbau seni, anda tentunya wajib mengunjungi museum yang satu ini.

 

Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, Museum Puri Lukisan yang terletak di Ubud ini juga tersohor sampai ke penjuru dunia. Bila tertarik berkunjung, anda bisa mencapainya sekitar 1 jam dari Kota Denpasar. Atau bila berada di sekitar Pasar Seni Ubud, anda bisa menuju lokasi sekitar 300 meter ke arah barat.

 

Tak ketinggalan, Museum Puri Lukisan dibuka setiap hari, kecuali perayaan nyepi, dan beroperasi pada pukul 09.00 sampai 18.00 WITA. Sementara untuk tiket masuknya, anda akan dikenai biaya sebesar 75 ribu rupiah, dan gratis bagi anak berusia 15 tahun ke bawah.

 

  1. Monumen Bom Bali

Pulau Dewata memang pernah mengalami kejadian yang sangat menggunjang pada tahun 2002 lalu. Ya, peristiwa bom Bali yang dilakukan oleh sekelompok oknum tak bertanggung jawab hingga menewaskan 202 orang, baik masyarakat lokal maupun turis dari mancanegara.

 

Oleh karena itu, untuk memperingati tragedi yang memilukan itu, pemerintah setempat membangun sebuah monumen sebagai bentuk simpati dan rasa kepedulian. Pada monumen tersebut anda juga bisa melihat nama-nama korban lengkap dengan negara asalnya. Monumen Bom Bali sendiri terletak di Jalan Legian, Kuta, atau lebih tepatnya depan lokasi ledakan bom disebuah tempat hiburan bernama Sari Club dan Paddy’s Pub.

 

  1. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Salah satu daya tarik dari Pura Tirta Empul adalah terdapatnya sebuah pemandian dengan 40 pancuran yang dianggap suci oleh masyarakat Hindu di Bali. Bila mau, para wisatawan tentunya boleh masuk ke dalam kolam pemandian, namun dengan syarat harus memakai kamen, sebuah kain khas Bali yang dililitkan di pinggang.

 

Demikian sekilas informasi tentang 10 Daftar Destinasi Wisata di Bali yang Tak Boleh Anda Lewatkan, semoga menjadi tambahan referensi tujuan wisata bagi anda yang akan merencanakan liburan di pulau Dewata Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *