10 Wisata Air Terjun di Bali Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Panorama alam yang ada di Bali memang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Beragam wisata alam yang sangat menarik dan mempesona untuk dipandang mata tersedia di Pulau Seribu Pura ini. Di antara wisata alam tersebut terdapat wisata air terjun di Bali yang begitu menawan. Pemandangan air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ataupun pemandangan tepi pantai yang sangat menyejukkan menjadikan wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk menyegarkan kembali pikiran usai menjalankan beragam aktivitas. Sedikitnya ada sepuluh wisata air terjun di Bali yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya, di antaranya Air Terjun Banyumala, Air Terjun Yeh Mampeh, Air Terjun Tibumana, Air Terjun Pantai Melasti, Air Terjun Nungnung, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Blemantung, dan Air Terjun Jembong.

 

1. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala merupakan dua air terjun yang letaknya berdampingan dan menyuguhkan keindahan yang luar biasa untuk sejenak menghilangkan rasa penat setelah menjalankan semua rutinitas. Air terjun ini terletak di Desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng.

 

2. Air Terjun Yeh Mampeh

Merupakan salah satu Air Terjun di Bali yang masih belom terekpose secara luas oleh travellers karena keberadaan ya yang jauh tersembunyi dari Denpasar maupun Singgaraja. Air Terjun Yeh Mampeh dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Less karena berlokasi di Desa Less, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali.

Akses jalan menuju tempat ini sudah cukup baik, begitu tiba diparkiran, untuk menuju lokasi air terjun anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 500 meter, sepanjang perjalanan menuju air terjun anda akan disugui pemandangan aliran sungai yang jernih serta rindangnya pepohonan yang menjadikan udara disekirtanya sejuk dan bakal membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

 

3. Air Terjun Tibumana

Wisata air terjun di Bali yang baru saja naik daun ini terletak di Desa Apuan, Susut, Kabupaten Bangli. Air Terjun Tibumana yang merupakan air terjun dengan pemandangan sekeliling berupa dinding bebatuan hijau terselimuti lumut, pohon, serta kolam yang memiliki air begitu jernih dengan ketinggian 20 meter. Pemandangan disini juga sangat cocok bagi pengunjung yang hobi dengan dunia fotografi.

 

4. Air Terjun Gitgit

Air Terjun satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi travellers, karena air terjun ini sudah menjadi salah satu destinasi favorit yang bisa anda kunjungi sata berada di sekitaran obyek Wisata Bedugul maupun perjalanan ke Lovina. Keindahan air terjun Gitgit bisa dinikmati dari derasnya air yang jatuh dari ketinggian 35 meter.

Untuk mencapai lokasi dari parkiran utama anda harus siapkan tsedikit tenaga ektra dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 1KM, namun perjalanan tidak akan terasa berat karena sepanjang jalan menuju tempat ini memiliki keindahan pemandangan tersendiri seperti pohon kopi, coklat serta aneka pohon besar yang hijau dan sedap dipandang mata.

 

5. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang cukup besar dan di bawahnya terdapat sebuah kolam yang begitu menyegarkan. Berlokasi di Desa Pelaga, Petang, Kabupaten Badung yang memiliki ketinggian mencapai 900 mdpl. Pengunjung akan menemui pemandangan yang sangat memukau setelah melalui perjalanan yang menantang dengan menuruni sekitar 509 anak tangga.

 

6. Air Terjun Aling-Aling

Wisata air terjun yang satu ini memiliki keunikan, karena arus air terjun yang terbelah menjadi dua bagian sebelum akhirnya jatuh ke kolam bawah. Air Terjun Aling-Aling memiliki ketinggian 35 meter dan terletak di Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Disini pengunjung dapat menikmati sensasi perosotan alami yang berasal dari aliran air terjun.

 

7. Air Terjun Sekumpul

Akses jalan yang belum mudah, membuat air terjun ini sangat cocok bagi pengunjung yang gemar menjelajah ataupun mengarungi perjalanan yang menantang. Seperti namanya sekumpul yang berarti sekelompok, disini pengunjung tidak hanya dapat menikmati satu pemandangan air terjun, tetapi tujuh sekaligus. Ketujuh air terjun tersebut memiliki lokasi yang berdekatan dengan air terjun terbesar yang memiliki ketinggian 50 meter. Air Terjun ini terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawang, Kabupaten Buleleng.

 

8. Air Terjun Tegenungan

Berbeda dengan air terjun lainnya yang mayoritas berada di daerah pegunungan, wisata air terjun yang satu ini terletak di dataran rendah. Pemandangan alam yang asri dan debit air yang cukup besar membuat pengunjung bisa berenang ataupun hanya menikmati keindahan alam disini. Air Terjun ini terletak di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

 

9. Air Terjun Blemantung

Berlokasi di Desa Pujangan, Papuan, Kabupaten Tabanan dan terletak di balik tebing yang menjulang tinggi, membuat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter, dikelilingi perkebunan kopi dan terletak jauh dari pusat kota, sehingga membuat wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin sejenak menenangkan pikiran.

 

10. Air Terjun Jembong

Wisata air terjun yang dianggap sebagai salah satu destinasi wisata air terjun terindah di Bali ini terletak di Desa Ambengan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Posisi ini berada sekitar 65km dari kota Denpasar. Debit air yang tidak terlalu besar dan aliran air yang stabil sangat cocok digunakan pengunjung sebagai tempat berendam untuk mendapatkan kesegaran.

 

Pesona wisata air terjun di Bali yang cukup banyak dan beragam serta memiliki panorama yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Para wisatawan dapat memilih destinasi wisata air terjun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *