Beragam Jenis Tari Barong Tradisional Bali

BALI sebagai destinasi wisata yang sudah mendunia memang memiliki banyak pesona dan daya tarik. Selain objek wisatanya, Bali sangat kental dengan seni, adat dan budaya yang menjadi daya tariknya. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang salah satu Seni Tari asli Bali yang sangat populer dan digemari oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara, tarian tersebut bernama TARI BARONG.

 

 

Tari Barong merupakan salah satu tari tradisional khas Bali yang sangat populer.Tarian ini dilakukan dengan menggunakan topeng dan kostum yang menggambarkan nilai-nilai sakral.

 

Tari Barong merupakan tari tradisional Bali yang menggambarkan nilai-nilai kebudayaan masyarakat Bali pada masa Pra-Hindu. Oleh karena itu, tarian Barong memiliki nilai-nilai sejarah dan sangat sakral. Tarian ini sering ditampilkan dalam pelaksanaan upacara adat Bali. Selain itu, tarian Barong juga sering ditampilkan sebagai hiburan untuk masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Bali. Tarian ini menggambarkan suasana pertarungan antara kebajikan dan kebatilan. Barong merupakan perwujudan dari lakon kebajikan, yaitu merupakan seorang penari yang menggunakan topeng dan kostum binatang serta berkaki empat. Sedangkan wujud kebatilan diperankan oleh Rangda yang merupakan sosok seram dengan dua taring runcing di mulutnya.

 

Tarian Barong bukan hanya sekadar tari tradisional biasa. Tarian ini memiliki banyak makna-makna yang mistis dan sakral. Masyarakat Bali percaya bahwa tarian Barong merupakan sebuah warisan dari nenek moyang terdahulu. Oleh karena itu, masyarakat Bali selalu menjaga dan melestarikan Tari Barong kepada generasi-generasi penerusnya. Meskipun memiliki nilai yang sangat sakral, namun tarian Barong juga sering ditampilkan dalam sebuah pertunjukkan sebagai hiburan kepada masyarakat dan wisatawan. Dalam sebuah pertunjukkan, tarian Barong tidak ditampilkan secara serius. Bahkan, biasanya ditampilkan dengan menggunakan unsur-unsur komedi. Tidak hanya menampilkan tokoh Barong dan Rangda saja, tarian Barong yang ditampilkan sebagai pertunjukkan biasanya juga menampilkan beberapa tokoh lainnya, seperti Dewi Kunthi, kera, Sadewa, dll. Selain itu, ada juga beberapa penampilan penari yang menunjukkan kemampuannya dalam ilmu kekebalan diri. Mereka beraksi seperti pemain debus yang melakukan aksi-aksi berbahaya. Dengan perpaduan unsur-unsur tersebut, maka tidak heran jika pertunjukkan tarian Barong selalu berhasil membuat penonton atau wisatawan merasa kagum.

 

Aneka Jenis Tari Barong Khas Bali

 

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa tarian Barong hanya ada dalam satu jenis saja. Padahal, terdapat beberapa jenis Tari Barong yang ada di Bali. Lalu, apa saja jenis-jenis tarian khas Bali tersebut? Berikut ini adalah beberapa jenis tarian Barong khas Bali :

 

1. Barong Ket
Barong Ket juga dikenal dengan nama Barong Keket. Tarian Barong Ket merupakan jenis tarian Barong yang paling sering ditampilkan dalam sebuah pertunjukkan. Tarian ini memiliki ciri khas yaitu penari menggunakan kostum unik perpaduan antara bentuk singa, sapi, macan, dan naga. Tarian ini ditampilkan oleh dua orang penari yang disebut sebagai Juru Bapang dan Juru Saluk. Juru Bapang bertugas menarikan bagian kepala kostum, sedangkan Juru Saluk bertugas menarikan bagian ekor. Barong Ket selalu ditampilkan bersama tokoh Rangda. Rangda merupakan sosok yang memiliki wujud sangat menyeramkan dan merupakan perwujudan dari adharma atau keburukan. Peperangan antara Rangda dan Barong merupakan perwujudan dari pertempuran abadi antara kebaikan dan keburukan yang lahir di alam semesta. Dalam pertunjukannya, pertempuran antara Rangda dan Barong diiringi dengan gamelan Semar Pagulingan.

 

 

2. Barong Macan
Sesuai dengan namanya, Barong Macan memiliki bentuk seperti seekor macan. Barong Macan memiliki bentuk yang mirip dengan Barong Ket, namun kulit Barong Macan berbentuk loreng-loreng serta topengnya berbentuk macan. Tidak seperti Tari Barong Ket yang biasanya ditampilkan di atas panggung hiburan, tarian Barong Macan justru ditampilkan dengan berkeliling desa dari rumah ke rumah. Selain itu, pementasan Barong Macan biasanya juga dilengkapi dengan pementasan drama tari dan diiringi dengan musik gamelan batel.

 

 

3. Barong Gajah
Sama seperti namanya, jenis barong ini tentu saja memiliki bentuk topeng yang menyerupai bentuk kepala gajah. Berbeda dengan jenis Barong Ket yang mudah ditemui dalam pertunjukan atau pentas seni, Barong Gajah jarang ditemui karena merupakan salah satu jenis barong yang sakral dan keramat. Bahkan, Barong Gajah hanya terdapat di beberapa daerah saja, seperti Gianyar, Tabanan, Badung, dan Bangli. Sama seperti jenis tarian Barong lainnya, Barong Gajah juga ditarikan oleh dua orang penari yang menarikan bagian kepala dan kaki. Pada hari-hari sakral tertentu, Tari Barong Gajah dipentaskan secara ngelewang atau berkeliling desa dari rumah ke rumah dengan diiringi musik gamelan tetamburan atau gamelan batel.

 

 

4. Barong Landung
Barong Landung memiliki bentuk yang berbeda dengan beberapa jenis barong lainnya. Jika biasanya barong berbentuk menyerupai seekor binatang, maka Barong Landung berbentuk menyerupai manusia. Barong Landung merupakan perwujudan dari manusia dengan perawakan yang sangat tinggi. Bahkan, tingginya hampir mencapai dua kali tinggi orang dewasa.Barong Landung terdiri dari dua wujud. Wujud pertama adalah Jero Gede yang merupakan sosok lali-laki. Sedangkan sosok perempuan yang menjadi pendampingnya diberi nama Jero Luh. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Barong Landung dibuat dengan tujuan untuk mengusir kekuatan roh dan makhluk-makhluk gaib yang menebarkan kejahatan.

 

 

Nah, itulah beberapa jenis Tari Barong tradisional Bali. Selain keempat jenis tarian tersebut, masih terdapat beberapa jenis tarian Barong lainnya. Beberapa diantaranya adalah tarian Barong Adu, Barong Kedingkling, Barong Bangkal, dan Barong Brutuk  yang mungkin akan saya ulas dilain waktu dan kesempatan.

Bagi anda yang hendak atau sedang berlibur di Bali jangan lupa memasukan agenda menonton pertunjukan Tari Barong dalam daftar destinasi yang akan anda kunjungi selama di Bali, dijamin akan memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *