Taman Ujung Sukasada, Taman Cantik di Ujung Timur Bali

Taman Ujung Sukasada / Water Palace adalah tempat yang tepat dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan wisata budaya di kawasan karangsem. Keindahannya membuat Anda betah berlama-lama menikmatinya.

 

 

Bali merupakan salah satu  pulau yang paling terkenal di Indonesia. Banyak wisatawan  baik lokal maupun mancanegara yang memiliki impian liburan di pulau satu ini. Pulau yang kaya akan budaya dan memiliki pemandangan yang indah ini menjadi salah satu pulau yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Bagi Anda yang tertarik dengan wisata budaya, Anda akan sangat tepat berkunjung ke pulau satu ini. Pulau yang disebut dengan julukan pulau dewata ini menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia yang terkenal akan kekayaan budayanya. Salah satu tempat wisata budaya yang menawarkan tidak hanya kekayaan budayanya saja tetapi juga keindahan alamnya adalah taman Ujung Sukasada/water palace. Taman ini merupakan salah satu tempat wisata budaya yang wajib Anda kunjungi. Anda tidak akan kecewa jika menyempatkan diri mengunjungi tempat tersebut.

 

 

Mengenal taman ujung, wisata peninggalan zaman Belanda

 

Taman Ujung Sukasada/water palace adalah sebuah bangunan yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Tempat wisata ini dapat menjadi sebuah tempat wisata alternatif di kawasan ujung bagian timur pulau bali. Taman dan bangunan yang berdiri di tanah seluas 10 hektare ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Taman indah ini adalah taman yang dibangun atas perintah seorang raja kerajaan Karangsem pada zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1963, taman indah yang seolah mengapung di atas air ini sempat rusak porak porAnda karena terjadinya letusan gunung Agung yang cukup dahsyat. Namun, taman yang juga disebut dengan water palace ini mengalami pemugaran besar-besaran. Pemugaran ini dilakukan oleh pemerintah. Dalam pembangunan taman ini, pemerintah berusaha untuk membangunnya kembali se-mirip mungkin dengan taman Ujung Sukasada asli sebelum terkena letusan gunung Agung. Pemugaran dan pembangunan kembali taman indah ini selesai pada tahun 2003. Setelah selesai dibangun kembali, taman ini akhirnya resmi dibuka dan boleh dikunjungi oleh masyarakat umum sebagai salah satu atraksi wisata budaya dan sejarah yang memiliki pemandangan menakjubkan.

 

 

Lokasi dan cara mencapainya

 

Taman Ujung Sukasada/water palace terletak sangat dekat dengan pusat kota Amlapura. Kota Amlapura sendiri merupakan sebuah kota yang berada di kabupaten Karangsem. Dari kota tersebut, kita hanya perlu berkendara selama 10 menit untuk sampai di atraksi wisata ini. Jika Anda ingin berkendara dari Denpasar, Anda harus melakukan perjalanan yang cukup panjang yaitu sekitar 2 jam dengan estimasi jarak tempuh 80 km. Jika Anda berkendara dari Denpasar, jalur yang paling cepat untuk mencapai lokasi tersebut adalah dengan melewati bypass Ida Bagus Mantra sampai Anda mencapai desa Kusamba. Dari desa Kusamba, Anda bisa meneruskan perjalanan sampai kota Amlapura. Selain melalui jalan tercepat tersebut, Anda juga dapat melalui jalan lain dan singgah di beberapa atraksi wisata lainnya sebelum sampai di taman ini. Anda bisa berkendara melalui Gianyar dan singgah di desa Batubulan jika Anda ingin melihat pertunjukan Barong yang biasanya dapat Anda lihat pada saat pagi hari. Anda juga bisa melewati beberapa tempat wisata belanja seperti pasar Sukawati, Celuk, atau Mas.

Untuk menjangkau semua obyek wisata yang saya sebutkan diatas anda bisa mengendarai motor atau bisa juga memanfaatkan jasa SEWA MOBIL pada kami, dijamin perjalanan anda akan menyenangkan karena ditemani oleh driver yang ramah serta berpengalaman dijalur pariwisata Bali tentunya.

 

 

Tips

 

Taman Ujung Sukasada/ Water Palace memang merupakan sebuah taman yang cukup indah. Biaya tiket masuk ke taman ini juga sangat terjangkau yaitu sebesar 15.000 Rupiah perorangnya. Jika Anda berlibur pada saat musim kemarau, jangan lupa untuk membawa payung, topi, serta memakai sunblock. Hal ini karena banyak ruang terbuka di lokasi taman ini. Dengan membawa peralatan tersebut, Anda dapat berjalan-jalan dengan nyaman tanpa takut gerah dan kepanasan. Jangan lupa memakai pakaian yang nyaman karena kita tahu sendiri bahwa cuaca di Indonesia cenderung panas lembab. Memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman membuat Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman. Bagi Anda yang membawa kamera SLR, Anda akan dikenai biaya masuk tambahan. Jadi, Anda perlu bersiap ya.

 

 

Nah, itu tadi tempat wisata menarik Taman Ujung Sukasada/water palace yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif destinasi liburan Anda di bali. Ada banyak tempat liburan di bali yang dapat Anda pilih. Beberapa memiliki jarak yang dekat antara satu dengan yang lain sehingga lebih mudah dan hemat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *