Tempat Hiking Di Bali Yang Wajib Kamu Coba

Bali merupakan tempat sejuta pesona keindahan baik alam, budaya dan lain sebagainya. Begitu banyak tempat hiking di Bali yang menawarkan pesonanya masing-masing. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik berlibur ke Bali.

 

Tempat Hiking Di Bali Yang Wajib Kamu Coba

 

Berikut tempat-tempat hiking yang harus kamu coba antara lain :

 

1. Gunung Agung

Gunung agung memiliki tinggi 3.031 mdpl. Titik awal jalur pendakian adalah Pura Besakih, pura ini merupakan pura tertinggi di kawasan Besakih. Sebaiknya bermalam di Kori Agung, karena menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Waktu paling baik saat hiking di bulan Juli – September, ketika angin tidak begitu kencang.

 

Jalur Pendakian lainnya adalah melalu Pura Pasar Agung (jalur sampai puncak juga tersedia pemandu di desa ini) juga terdapat jalur pendakian yang lain.

 

2. Gunung Batukaru

Hutan terakhir di Pulau Bali, beberapa orang mempunyai pengharapan besar atas gunung Batukaru. Memiliki tinggi 2.276 mdpl  dan merupakan titik tertinggi kawasan kaldera purba Beratan, dengan 7 dari puncak Pulau Bali ada di kompleks kaldera. Gunung Batukaru Menjadi kawasan penadah hujan dan hulu sebagian besar sungai yang terdapat di Bali Tengah. Sebagian besar kawasannya masuk kawasan konservasi Cagar Alam Batukaru. Jalur Pendakian gunung ini memiliki tiga jalur utama, yaitu Desa Jatiluwih, Pura Batukaru dan sisi barat laut Desa Pujungan.

 

3. Gunung Abang, 2.151 mdpl

Gunung Abang ini separuh dindingnya runtuh akibat letusan supervulcano Batur Purba. Dinding sebelah barat tepat berada di sisi Danau Batur, danau yang berbentuk bulan sabit. Sehingga kaki Gunung Abang berada di sisi lingkaran luar bulan sabit Danau Batur. Gunung ini memiliki tinggi 2.151 mdpl sehingga jalur Pendakian salah satunya ada di jalur Desa Suter dan Jalur Songan.

 

4. Puncak Mangu

Gunung ini berada di 2.096 mdpl tepat di tengah sirkum Pegunungan Bali. Sehingga bisa melihat semua puncak gunung di Pulau Bali dari titik ini. Di puncaknya terdapat Pura Puncak Mangu, salah satu pura terindah di Bali. Sehingga ada beberapa warga yang datang ke puncak ini dengan membawa sesaji.

Jalur Pendakian gunung ini bisa melewati Bedugul (jalur tanah dan hutan rapat) dan Petang (jalur semen dan batu padas, jalan tol bagi pendaki, memerlukan waktu 45 menit sampai puncak).

 

5. Gunung Sangiyang

Gunung cantik berada diketinggian 2.087 mdpl, memiliki dua puncak, cocok sekali menjadi tempat hiking di Bali. Puncak gunung Sangiyang berdiri diantara Gunung Batukaru dan Pucak Adeng. Lereng sebelah timur yaitu lembah lebat yang belum terjamah bernama Pulan Kuali, satu-satunya akses hanyalah jalur setapak sisa jaman kerajaan yang menghubungkan Tamblingan dan Jatiluwih.

 

6. Gunung Tapak

Gunung Tapak menyajikan paradoks dua sisi memiliki tinggi 1.909 mdpl dan lereng bagian selatan (sisi cantiknya) berdiri Kebun Raya Eka Karya. Semua terawat dengan baik, bunga aneka warna, rumput yang menghijau dan pinus yang ditanam dalam jarak yang seragam. Jalur Pendakian bisa melewati Desa Pancasari dari sisi Danau Buyan maupun jalur Kebun Raya.

 

7. Puncak Adeng

Bersebelahan dengan Desa Jatiluwih, yang termasuk dalam World Heritage UNESCO atas sistem pengairan subak, terdapat Desa Angsri yang indah dan permai. Di batas timur desa terdapat pemandian air panas, sisa nafas vulkanik Gunung Adeng puncak ini berada di ketinggian 1.826 mdpl. Hujan hampir terjadi sepanjang tahun di daerah ini, lebatnya hutan dan tebalnya guguran dedaunan di tanah menjadi kekhasan gunung ini. Puncaknya sendiri hanya tanah datar dengan hutan rapat.

 

Di lereng selatan berdiri Pura Puncak Adeng, bangunan utamanya berupa punden berundak dari padas lava. Pura dibagi menjadi beberapa mandala, berteras-teras mengikuti kontur tubuh gunung. Jalur Pendakian bisa melalui Pura Pucak Aden dilanjutkan naik menuju Pucak Anyar dan ikuti setapak di sebelah kanan punden.

 

8. Gunung Batur

Objek hiking paling populer di Pulau Bali salah satunya di gunung Batur,Berada di ketinggian 1.717 mdpl. Gunung yang fotogenic dan koleksi foro sunrisenya hampir dimiliki semua siswa pecinta alam se- Bali. Gunung ini dikondisikan untuk keperluan pariwisata. Terdapat pos Pemandu Wisata selalu siaga walaupun di tengah malam untuk mencegat wisatawan yang hendak menuju puncaknya.

 

Jalur pendakiannya gunung Batur ini setidaknya ada 6 jalur pendakian dari desa di kaki gunung Batur. Dua jalur yang paling diminati adalah dari Pura Jati dan Toya Bungkah.

 

Itulah tempat hiking di Bali yang sangat populer, dan menjadi tujuan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Semoga bisa menginspirasi wisata hiking yang akan kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *