Tips Perjalanan Wisata ke Lombok Yang Seru Dan Murah

Lombok merupakan salah satu kawasan wisata yang saat ini menjadi kian ramai dikunjungi. Ada banyak objek wisata baru yang bermunculan di Lombok. Lombok juga menjadi salah satu alternatif wisata internasional setelah Bali. Banyak juga turis internasional yang datang dari banyak negara. Objek wisata di Lombok memang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya, wisata adat, wisata perkotaan, hingga wisata alam. Sebelum melakukan perjalanan tentunya butuh tips perjalanan wisata ke Lombok supaya persiapan kita lebih maksimal.

 

Tips Perjalanan Wisata Ke Lombok Yang Seru Dan Murah

 

Jika kamu ingin ke sana, simak beberapa tips wisata ke Lombok berikut ini

 

1. Tentukan Tujuan Wisata

Lombok memiliki banyak sekali objek wisata, mulai dari desa adat, pantai, pulau kecil, hingga gunung dan pegunungan. Oleh sebab itu, sebelum datang, pastikan objek apa saja yang akan dituju. Buat daftarnya untuk acuan wisata. Sesuaikan dengan selera wisatamu.

 

2. Tentukan Cara Berwisata

Tentukan konsep wisatamu, apakah akan mengunjungi Lombok dengan cara backpacker, flashpacker, atau justru seperti turis eksklusif. Hal ini juga akan membantumu mempersiapkan segala kebutuhan berwisatamu. Selain itu, perlengkapan yang akan dibawa juga bisa disesuaikan dengan cara berwisatamu.

 

3. Siapkan Kendaraan Yang Sesuai

Lombok bisa diakses dengan banyak moda transportasi, mulai transportasi darat, laut, maupun udara. Tentukan jenis kendaraan yang sesuai untuk menuju Lombok. Jika kamu berdomisili di Bali, maka perjalanan darat dan laut akan lebih murah. Namun jika kamu berdomisili di daerah yang jauh dari Lombok, tentu saja moda transportasi udara lebih efektif.

 

4. Siapkan Kondisi Fisik

Kebanyakan wisatawan yang menuju Lombok adalah wisatawan yang datang dari banyak daerah. Jika kamu berasal dari daerah yang cukup jauh, maka kondisi fisik yang prima pasti dibutuhkan. Apalagi saat berwisata biasanya akan digunakan pula transportasi laut untuk menyeberang ke gili. Jangan sampai mabuk mengganggu perjalanan hanya karena kurang mempersiapkan kesehatan fisik. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan yang diperlukan seperti PPPK dan juga obat pribadi. Inilah tips perjalanan wisata ke Lombok yang paling penting.

 

5. Menginap Secara Gratis

Backpacker pasti akan sangat terbantu dengan adanya penginapan gratis di Lombok. Ya, di Lombok saat ini ada sebuah rumah singgah yang bisa dijadikan tempat menginap secara gratis. Hal ini pasti akan sangat membantu menghemat biaya perjalanan. Carilah informasi penginapan gratis atau rumah singgah tersebut jika memang tertarik.

 

6. Beli Oleh-Oleh Seperlunya

Lombok menjanjikan wisata belanja yang pasti menarik hati. Namun jangan terlalu boros dalam berbelanja. Beli oleh-oleh seperlunya saja. Sebisa mungkin, beli oleh-oleh yang tidak ada di tempat lain, seperti tenun Lombok atau aksesoris yang benar-benar khas Lombok. Karena di Lombok ada banyak oleh-oleh yang sebenarnya bisa didapatkan di tempat lain. Carilah oleh-oleh yang unik.

 

7. Tentukan Budget Wisata

Sebelum berangkat, cari referensi sebanyak-banyaknya mengenai budget atau biaya selama wisata. Tentukan budget yang sesuai dengan targetmu. Jangan sampai budget liburan melebihi target. Jangan jadikan wisatamu menjadi kegiatan yang terlalu menghambur-hamburkan uang.

 

8. Mampir Desa Adat

Salah satu potensi wisata di Lombok adalah desa adat. Percuma mengeksplor Lombok jika tidak mampir ke desa adat. Cobalah mampir ke desa adat dan temukan wawasan baru di sana. Salah satu desa adat yang terkenal adalah Desa adat di kaki gunung Rinjani.

 

9. Berwisata Sesuai Rute

Berwisata sesuai rute akan menjadikan wisata menjadi lebih efektif dan efisien. Jika ingin berwisata di daerah Sembalun, maka carilah objek wisata yang sesuai dengan rute, misalnya perbukitan atau air terjun. Begitu pula jika ingin berwisata ke kawasan Gili. Cari objek wisata yang searah dengan rute perjalanan.

 

20. Datang Saat Festival Bau Nyale

Berwisata di Lombok akan lebih lengkap rasanya saat ada festival. Cek dulu jadwal festival Bau Nyale agar wisata di Lombok bisa lebih berkesan. Sehingga kita tak ketinggalan festival ini.

 

Demikianlah beberapa tips perjalanan wisata ke Lombok yang bisa dijadikan referensi wisata. Apapun objek wisatanya, kapanpun waktu berwisata, persiapkan rencana liburan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada ketidaknyamanan hanya karena salah merencanakan perjalanan. Semoga bermanfaat. Semoga liburanmu di Lombok menyenangkan. Selamat berlibur.

Leave a Comment