Wisata Budaya dan Sejarah di Candi Gunung Kawi – Bali

Apa Anda sudah merencanakan kemana Anda akan pergi pada liburan yang akan datang?…

Bagaimana dengan Bali?…

Banyak orang hanya mengunjungi tempat itu-itu saja pada saat berlibur ke Bali. Padahal, ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi di Bali yang akan membuat liburan Anda lebih menarik dan menyenangkan. Anda dapat merencanakan berbagai macam tema liburan sesuai dengan yang Anda inginkan di Bali.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas fisik jika Anda menginginkan liburan yang seru dan penuh petualangan. Anda bisa mengunjungi banyak tempat yang masih sangat kental dengan budaya jika Anda ingin liburan yang bermakna. Anda dapat melakukan wisata sejarah dan wisata kuliner dengan mudah. Anda dapat merancang liburan yang nyaman dan santai sehingga dapat melepas penat Anda setelah bekerja keras selama beberapa bulan. Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan budaya yang berbau purbakala, Anda dapat mengunjungi salah satu obyek wisata yang menarik di Bali. Tempat tersebut bernama Candi Gunung Kawi.

 

 

Mengenal Candi Gunung Kawi

 

Candi Gunung Kawi adalah salah satu tempat yang dilindungi dan dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah. Hal ini karena di gunung ini terdapat candi yang dibangun dengan cara memahat dinding tebing batu yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Bangunan candi yang dibangun dengan memahat dinding batu ini berjumlah 10 buah. Bangunan candi yang unik ini diperkirakan dibangun pada abad ke 11. Seperti layaknya candi pada umumnya, candi ini juga dibangun dekat dengan sungai yaitu sungai Pakerisan. Dibangunnya candi di dekat sungai karena kehidupan dan peradaban pada masa lalu biasanya berada di dekat sumber air, dalam hal ini sungai. Itulah sebabnya banyak candi di Indonesia yang ditemukan di dekat sungai-sungai. Candi yang ada di gunung ini dahulu difungsikan sebagai tempat untuk pemujaan raja Udayana. Hal tersebut diketahui dari sebuah prasasti yag juga ditemukan di sekitar tempat tersebut.

 

 

Di gunung Kawi ini, Anda akan menemukan 3 kelompok besar candi. Adapun ketiga kelompok candi tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Yang pertama adalah kelompok candi lima. Disebut demikian karena candi pada kelompok tersebut berjumlah lima buah. Kelompok candi tersebut dibangun dengan memahat dinding batu setinggi 7 meter di kawasan candi bagian timur. Seluruh candi yang dibangun tersebut menghadap ke arah barat. Kelompok candi lima tersebut adalah candi yang dibangun untuk menghormati raja Udayana serta Anak Wungsu dan keluarganya.

 

2. Kelompok candi yang kedua disebut dengan candi empat. Seperti namanya, hal ini karena jumlah candi pada kelompok tersebut adalah empat buah. Letak candi tersebut berada di sebelah barat. Pembangunan candi ini adalh untuk menghormati selir Anak Wungsu.

 

3. Di bagian barat daya, ada satu candi yang melengkapi jumlah candi menjadi 10 buah. Satu candi ini adalah candi yang dibangun untuk menghormati perdana menteri pada masa pemerintahan Anak Wungsu.

 

 

Wisata gunung Kawi ini digolongkan sebagai salah satu wisata purbakala yang menarik untuk dilakukan. Ada banyak wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya purbakala ini. Bahkan ada yang sengaja datang dari jauh untuk mempelajarinya. Tidak sedikit pula wisatawan dan peneliti yang berasal dari luar negeri datang ke tempat ini untuk melihat dan mempelajari langsung mengenai warisan purbakala ini. Tempat wisata ini terdapat di kawasan Tampak siring tepatnya berada di Banjar Penaka, Desa Tampak Siring, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali.

 

 

Bagi Anda yang ingin melakukan liburan menyenangkan namun tetap memiliki nilai dan bermakna, Anda dapat mencoba tema wisata sejarah dan budaya. Ada banyak wisata berbau sejarah dan budaya di kawasan Bali. Salah satunya adalah wisata Candi Gunung Kawi. Dengan mengunjunginya, Anda tidak hanya menghabiskan waktu libur Anda dengan bersenang-senang saja, tetapi juga dapat memetik pelajaran dari perjalanan Anda. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang luar biasa bukan. Kita dapat lebih dekat dengan negara kita dengan mengenal budaya dan sejarahnya. Hal tersebut dapat menambah cinta kita terhadap tanah air tercinta. Selamat mencoba!

 

 

Untuk mengunjungi obyek wisata Candi Gunung Kawi anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mengunakan jasa SEWA TRANSPORT pada kami yang akan dipandu oleh sopir yang berpengalaman serta ramah tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *